Tuesday, 30 October 2012

Dongeng : Kancil dan Monyet


Add chttp://jalurilmu.blogspot.com/2011/12/si-monyet-dan-si-kancil.htmlaption
Pada suatu pagi yang cerah, si kancil yang terkenal hewan yang sangat cerdik dan pintar sedang berjalan melewati hutan yang hijau.

Kancil berjalan dengan muka ditegakkan. Namun tiba-tiba, ada sesuatu yang membuat kancil berhenti berjalan.


Kancil merasa perutnya sakit dan terdengar bunyi "kriuuuk kluk klukkkk"

Wah....Ternyata Kancil lupa belum makan pagi, sehingga perutnya kelaparan.

"aduuuh, lapar sekali? saya sedang malas mencari makanan, kemana? aduh kemana saya harus mencari???oh itu rumah monyet!!!!"
segera kancil berjalan menuju rumah monyet dengan harapan ada makanan dirumah monyet.

Dirumah monyet, terbaringlah monyet yang sedang sakit gigi karena monyet lupa membersihkan gigi setelah makan malam. Di meja makan, terdapat  tiga buah pisang matang berwarna kuning, 

Terdengar suara pintu diketuk-ketuk
"monyet...monyet....bangun monyet!!!" ternyata suara si kancil dari luar rumah

http://jalurilmu.blogspot.com/2011/12/si-monyet-dan-si-kancil.html
"iya...siapa ya? ada apa pagi-pagi begini? ooh kamu kancil?"

Monyet membukakan pintu sembari terlaget-kaget kenapa sepagi ini si kancil datang kerumahnya.
"Monyet, saya minta pisang, saya kelaparan, kamukan pintar memanjat dan mudah mendapatkan makanan, oh itu ada pisang..."

Kancil segera  masuk kedalam rumah tanpa permisi saat melihat ada pisang di meja makan monyet
"tapiii....tunggu dulu...." sergah si monyet
"apa? kamu cari pisang lagi monyet, kamu pintar memanjat, saya sudah tidak punya tenanga untuk mencari makanan..." jawab si kancil
"tapi itu buat makan pagi, siang dan sore kancil, hari ini saya sedang tidak enak badan...kan...." jelas si Monyet.
Tapi dasar kancil, dia berlari keluar rumah dan mengupas kulit pisang dan melemparnya kedepan, dan tidak berapa lama...
"aduuuuuh....aw...aw....aduh....ooooohhhh" terdengar teriakan kancil

Rupanya Kancil terpeleset oleh kulit pisang yang dia lempar kedepan dan saat kancil berjalan dia tidak melihat ada kulit pisang yang dia lempar, terinjak dan Kancil terpeleset lalu jatuh dan menggelinding masuk ke parit dengan air yang begitu dingin dipagi hari.

"Br...brrr...aduh dingin sekali, sudah terpeleset, jatuh menggelinding pula kedalam parit...dinginnnn"  Kancil meratapi nasibnya dipagi hari setelah merebut buah pisang milik Monyet.

Alangkah buruk nasib kancil dipagi hari itu ya? merebut makanan teman sendiri itu adalah hal yang kurang baik, apalagi teman tersebut hanya memiliki makanan yang cukup untuk persediaannya.

Membuang sampah di sembarang tempat juga perbuatan yang kurang baik, sebaiknya membuang sampah adalah ditempat sampah, agar sampah tersebut tidak mengotori jalan.

Akibat dari perbuatannya kancil yang malang terluka dan sakit, sungguh tidak nyaman berada disepanjang hari dengan menahan sakit karena perbuatannya yang tidak bagus itu.

Hikmahnya :
  1. Berusaha sendiri dengan baik dan penuh keyakinan, Inza Allah hasilnya pasti luar biasa.(Pelajaran untuk Kancil, mengapa dia tidak mencari makan sendiri? bukankah dihutan banyak sekali buah-buahan?)
  2. Menjalankan hal-hal yang semestinya dilakukan agar tidak menyebabkan suatu kerugian (contoh buat Monyet yang tidak sikat gigi kemudian sakitlah giginya)
  3. Jangan merampas hak milik orang lain. (Buat Kancil yang mengambil pisangnya Monyet)
  4. Tidak boleh semena-mena terhadap sesama (Kancil yang mengambil pisangnya Monyet)
  5. Makanlah dengan tenang dan ditempat yang benar. (Kancil yang makan dengan berjalan)
  6. Dilarang membuang sampah sembarangan. (Halllo....siapkah itu????)
***
Edisi revisi dari acara mendongeng bersama Faiz dan terkembanglah tulisan ini.Terima kasih nak, karenamu ummimu ini akan selalu belajar dari sebuah kata.


6 comments:

burselfwoman on 30 October 2012 20:17 said...

Kreatif mak. Drpd mengulang-ulang kisah yang nantinya bisa dibaca kalau anak sdh bisa membaca, membuat cerita sendiri selain ibunya mengasah kemampuan, anaknya jg belajar berimajinasi. Lanjutkan! :D

Astin Astanti on 31 October 2012 15:52 said...

belajar bersama pertumbuhan anak, sangat luar biasa.
alhamdulillah anakku suka banget dengan cerita-cerita yang aku buat, dia suka minta diulang, tapi sebelumnya aku pancing dulu...ceritanya gimana sih? menjadi lahan belajar buat anak dan kita menggali pemahaman dan hafalan anak. Surpraise, anakku mampu mengingat walau tak utuh.
Terima kasih semangatnya mak...

dellamsyah on 10 December 2012 12:28 said...

hahahaha...
bisa aja nich ceritanya,,,
sama seperti diriku yang di marahi teman kerja ku sendiri...
dia bilang " pak, jgn buang sampah sembarangan, lebih baik sampahnya di simpan dan di bawa pulang...biar rumah kita yg kotor asalkan jgn negara kita ikut kotor" begitu tuturnya..!!

Astin Astanti on 10 December 2012 15:54 said...

sip the great banget tu temannya, andai semua orang seperti itu.
ups, ini cerita khayalanku untuk dongengin anakku sekalian buat ngajarin dia, kalau buang sampah ya...tidak boleh smebarangan.

Ayo Indonesia bersih.
Makasih ya dellamsyah atas komentarnya.

alaika abdullah on 8 April 2013 10:56 said...

Keren, Mak. Ayo lanjutkan dengan dongeng2 kreatif lainnya. :)
Faiz pasti bangga punya Ummi kreatif gini deh. :)

noe on 31 July 2013 18:46 said...

Suka saluit sama emak2 yg jago doneng. Apalagi kreatif gini. Aku ngga bisa ndongeng. Hehe.. palingan baca buku pengetahuan untuk pengantar tidur. Itupun gk tiap hari. Utk hal dan pesan moral seperti yg dituliskan di hikmah dongen itu.. aku ngajarkan sambiL backpacking. Yups.. setiap emak punya style ;)

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Tanti's Story Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino | Distributed by Deluxe Templates